pencanangan-vaksin-pentavalenKarawang – Kamis (22/8) bertempat di Karang Pawitan, Kab. Karawang, Jawa Barat, Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, meluncurkan vaksin pentavalen untuk balita. Sehingga, vaksin yang merupakan kombinasi dari vaksin DPT, Hepatitis B, dan Hib ini resmi digunakan.

Peluncuran sekaligus perkenalan vaksin kepada masyarakat ini dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Miswar, Bupati Karawang Haji Ade Swara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar Alma Lucyati, perwakilan dari negara-negara donor, pemda beberapa provinsi, tokoh dan masyarakat Karawang.

Dalam kesempatan itu, Menkes juga menyerahkan secara simbolis vaksin Pentavalen kepada Wakil Gubernur. Jawa Barat. Dalam sambutannya Menkes mengungkapkan, bahwa anak-anak Indonesia akan lebih terlindungi dari ancaman penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), dengan ditambahkannya vaksin Haemophilus influenzae type b (Hib) yang diberikan bersamaan dengan vaksin DPT dan Hepatitis B.

Vaksin yang merupakan pengembangan dari vaksin tentravalen (DPT-HB) kombinasi buatan Indonesia ini disebut Pentavalen, karena merupakan gabungan dari lima antigen, yaitu DPT (Difteri, Pertusis, dan Tetanus), Hepatitis B serta Hib). Lima antigen tersebut diberikan dalam satu suntikan, sehingga memberikan kenyamanan bagi bayi yang mendapat imunisasi beserta ibunya.

abat small

phbs small

desa-siaga small

sehat-sampai-tua small

Video Hari Ini

Contact Information

  • Alamat: Gedung Prof. Dr. Sujudi Lantai 10 Jalan H.R. Rasuna Said Blok X5 Kav. 4-9
  • Tel: (021) 5221224
  • Fax: (021) 5203873

icon facebookicon twitter

Quotes

Banyak orang di dunia yg terlalu banyak mengamati kesehatannya, sehingga mereka tidak sempat menikmatinya.