Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI berupaya mengembangkan salah satu pendekatan atau model intervensi yang terbukti efektif untuk mengatasi permasalahan merokok di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda.

GEMAR yang merupakan kepanjangan dari Generasi Muda Anti Rokok merupakan salah satu upaya yang berbasis promosi kesehatan di sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan siswa SD dalam membantu dan memotivasi orangtuanya untuk tidak merokok di dalam rumah.

Selain itu program ini dalam jangka panjang diharapkan dapat membantu pergeseran pola pikir di masyarakat khususnya pada generasi muda bahwa perilaku merokok merupakan perilaku yang menyimpang dan tidak sesuai dengan norma-norma di masyarakat.

Kegiatan ini diadakan di SDN Loji yang terletak di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Mempunyai jumlah siswa sebanyak kurang lebih 500 siswa dan siswi dan 13 orang tenaga pengajar.(DwiAdi)

unduh report lengkap GEMAR

 

perempuan dan rokokSampai saat ini sekitar 20% dari 1 milliar perokok di dunia adalah wanita. Hal ini juga tercatat bahwa, perempuan juga memiliki kerentanan yang sama dengan laki-laki terdapat keterpaparan produk tembakau seperti rokok.

Laporan WHO menyebutkan bahwa jumlah perokok meningkat 2.1% per tahun di negara berkembang, sedangkan di negara maju angka ini menurun sekitar 1.1% per tahun. Penelitian di Jakarta juga menunjukkan 64.8% laki-laki dan 9.8% perempuan dengan usia di atas 13 tahun adalah perokok.

Sekarang ini, hampir teknik pemasaran rokok dikalangan wanita di negara maju, sekarang juga diterapkan di negara berkembang yang notabene tidak memiliki riwayat merokok. Tujuan para produsen rokok mengikut sertakan wanita dalam promosi rokok adalah untuk membuat rokok terebut lebih menarik.

Rokok dan perempuan? Hal ini telah mencakup semua permasalahan tentang gender, femininitas, kesehatan janin, kanker payudara, kanker rahim, penampilan diri, gengsi, gaya hidup, dan juga sampai kode etik. Masih tabunya perempuan merokok adalah sebuah problematika klasik. Dua hal penting masalah perempuan dengan rokok ialah dimulai dengan masalah kesehatan dan diakhiri dengan masalah ketidaketisan.

Read more...

Berdasarkan penelitian banyak dampak kesehatan yang diakibatkan oleh rokok. berikut efek samping akibat rokok yang jarang dipublikasikan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

 1. RAMBUT RONTOK. Rokok memperlemah sistem kekebalan, sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti lupus erythematosus yang menyebabkan rambut rontok, sariawan mulut, dan erupsi cutan (bintik merah) diwajah, kulit kepala dan tangan.

Read more...

konsumsi tembakauIndonesia menempati urutan ke 7 terbesar dalam jumlah kematian yang disebakan oleh Kanker yakni sebanyak 188.100 orang pertahun. Kematian yang disebabkan oleh penyakit sistem pembulh darah berjumlah 468.700 orang atau menempati urutan ke 6 terbesar dari seluruh negara-negara kelompok WHO.

Kematian yang disebabkan oleh penyakit sistem pernafasan adalah penyakit Chronic Obstructive Pulmonary (COPD) yakni sebesar 73.100 orang (66,6%) sedangkan Asma sebesar 13.690 127.000 orang yang merupakan terbesar ke 3 setelah India dan China.

Menurut Riskesdas 2007, diperkirakan lebih dari 40,3 juta anak tinggal bersama dengan perokok dan terpapar pada asap rokok di lingkungannya (perokok pasif). Anak yang terpapar asap rokok dapat mengalami peningkatan risiko terkena bronkitis, pneumonia, infeksi telinga tengah, asma serta -kelambatan pertumbuhan parup-paru. Kerusakan kesehatan dini dapat menyebabkan kesehatan yang buruk pada masa dewasa.

Read more...


1.masalah-rokok-diIndonesia1. MASALAH MEROKOK DI INDONESIA

 

34,7 % PENDUDUK DI INDONESIA BERUSIA 10 TAHUN KE ATAS ADALAH PEROKOK (RISKESDAS 2010)

Indonesia menduduki posisi ke 3 dengan jumlah perokok tersebesar di dunia setelah China dan India (WHO, 2008) dan menduduki peringkat 5 konsumen rokok tersebesar setelah China, Amerika Serikat, Rusia, dan Jepang.

 

 Arrow-Bottom-Right-48 Download 

 

2.dampak-rokok-terhadap-kesehatan2. DAMPAK  ROKOK TERHADAP KESEHATAN

 

TEMBAKAU, MERUPAKAN FAKTOR RISIKO PADA 6 DARI 8 KEMATIAN UTAMA

Rokok mengandung 4000 zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan, seperti nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat kersinogenik, bahkan juga formalin. Rokok adalah produk yang berbahaya dan adiktif yang berisi 4000 bahan kimia dimana 69 diantaranya bersifat karsinogenik

 

Arrow-Bottom-Right-48 Download 

 

3.dampak-rokok-terhadap-ekonomi

3. DAMPAK  ROKOK TERHADAP EKONOMI

 

Sekitar 1,5 juta orang dari rumah tangga perokok yang berobat penyakit hipertensi dengan biaya yang dihabiskan mencapai Rp. 219 Milyar atau Rp. 2,6 triliyun lebih dalam setahun.

 

 

 

 

Arrow-Bottom-Right-48 Download 

 

 

4.peringata-kesehatan-bergambar

4. PERINGATAN KESEHATAN BERBENTUK GAMBAR DI BUNGKUS ROKOK

 

Meskipun perokok umumnya tahu merokok berbahaya, tetapi penelitian menunjukan bahwa sebagian besar perokok tidak menyadari akan bahaya yang sesungguhnya, bahkan di negara-negara yang memiliki publikasi luas tentang dampak buruk konsumsi rokok bagi kesehatan sekalipun 

 

 Arrow-Bottom-Right-48 Download 

 

Contact Information

  • Alamat: Gedung Prof. Dr. Sujudi Lantai 10 Jalan H.R. Rasuna Said Blok X5 Kav. 4-9
  • Tel: (021) 5221224
  • Fax: (021) 5203873

icon facebookicon twitter

Quotes

Banyak orang di dunia yg terlalu banyak mengamati kesehatannya, sehingga mereka tidak sempat menikmatinya.